Sabtu, 11 April 2009

Dasar Pemrograman Visual Basic.Com

Visual Basic.Com adalah pemrograman lanjutan dari bahasa pemrograman BASIC yang bersifat OOP (Object Oriented Programming). Maksudnya adalah program yang berorientasikan objek atau lebih mudah kalau kita sebut grafis.

Visual Basic.Com adalah software
milik Microsoft. Mengandung semua pemrograman BASIC hanya dibuat menjadi Object Oriented. Setiap object mempunyai coding nya sendiri - sendiri, tidak seperti BASIC yang menganut Linear Programming (Bahasa pemrograman Baris), yang menulis program terstruktur berdasarkan line per line. Tapi bukan berarti semua object pada Visual Basic.Com berdiri sendiri, mereka memang mempunyai coding nya masing - masing, tapi setiap object bisa dikaitkan atau di hubungkan dengan object lainnya.

Visual Basic.Com adalah bahasa pemrograman yang mengeksekusi program secara interpreter, artinya interpreter adalah mengecek kesalahan baris per baris, jadi bila kita menulis coding, dan apabila coding itu salah sistem interpreter tadi akan langsung memberitahu dan menandai coding yang salah tadi. Lawan dari interpreter adalah compiler, salah satu program yang menggunakan compiler adalah PASCAL.

Visual Basic. Com yang paling akhir yang dikeluarkan oleh Microsoft adalah Visual Basic 6.0
Kalo mau download programnya bisa klik di sini, Referensi yang saya berikan adalah software Visual Basic 6.0 Enterprise Edition.



Versi Visual Basic ini adalah Visual Basic.Com terakhir oleh Microsoft dan tidak akan ada yang paling baru lagi, karena edisi selanjutnya dari Visual Basic adalah Visual Basic.net yang nanti akan dibahas apabila sempat.

Artikle ini hanya permulaan atau pengenalan dari Visual Basic.Com ...Lingkungan kerjanya adalah seperti ini:

Ini adalah gambar dari VB 6.0 Enterprise Edition

Nah bagi temen - temen yang mau agar blog ini memuat coding - coding dasar untuk Visual Basic.Com, harap komen dibawah...

Karena postingan selanjutnya adalah mengenai program - program sederhana Visual Basic.Com

Semoga Berguna!!

1 komentar:

  1. bro, gw sempet belajar autodidak VB 6.0, tapi blum tau yg VB net, bisa di posting ga skalian

    BalasHapus

Terima Kasih Yang Udah Nyempetin Waktunya Untuk Komen DiBlog Saya